SPIONASE-NEWS.COM,- MAMUJU – Asrama Haji Transit Mamuju yang dibangun melalui dana APBN dari Kementrian Agama tahun 2019 diduga rawan amblas, Kamis (17/09/2020).

Gedung yang menghabiskan anggaran senilai Dua Puluh Tiga Milyar Rupiah (Rp.23 M) ini dibangun diatas lahan bekas rawa di jalan Mustafa Katjo, Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tepat dibelakang kantor KPU Mamuju ini, bahkan sudah pernah mengalami amblas di beberapa ruangan dan toilet beberapa waktu lalu.

Di tinjau langsung oleh wartawan media ini, lantai Gedung Asrama Haji Transit Mamuju yang sempat mengalami amblas memang telah di perbaiki oleh rekanan yang telah mengerjakannya, namun banyak analisis atau pengamat konstruksi yang berpendapat jika pembangunan Asrama Haji ini dibangun tidak sesuai dengan konstruksinya bahkan dianggap tidak teliti dan teledor mengabaikan keamanan dan savenya bangunan, karena mengabaikan faktor lokasi yang sebelumnya adalah rawa-rawa yang tanahnya gampang amblas.

“Gedung ini terlihat asal jadi dan konstruksinya tentu bisa membahayakan jika Asrama nanti sudah banyak jamaah Hajinya lantas amblas lagi,” Ujar Irwan, salah satu anggota lembaga Pengamat Anti Korupsi di Kabupaten Mamuju.

Dirinya pun berharap adanya peninjauan kembali Gedung Asrama Haji Transit Mamuju yang untungnya ditahun ini tidak sempat digunakan oleh jamaah haji karena adanya pandemi covid-19 yang melarang kegiatan ibadah Haji tahun ini.

“Semoga pihak-pihak pemeriksa dalam hal ini BPKP bisa meninjau ulang bangunan Asrama Haji Transit Mamuju yang sebahagian sisi bangunannya masih tampak ada retakan akibat kultur tanah yang labil dan lantainya yang terasa kosong dibawahnya,” Pungkasnya.

Laporan : Agen Sulaiman

Editor : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 4 =