SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2020, Brimob sebagai pasukan pamungkas Polri, terus menyiapkan diri untuk memastikan perhelatan akbar ini dapat berjalan aman dan lancar. Salah satu bukti bahwa kesiapan pengamanan jalannya pesta demokrasi ini adalah dengan mempertajam kemampuan pengamanan dan pengawalan VVIP, Rabu (26/08/2020).

Begitu pula dengan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, yang semakin gencar mempersiapkan kemampuan personelnya untuk menghadapi gelaran pesta demokrasi yang tak lama lagi akan dilaksanakan.

Sebagai salah satu bentuk kesiapan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020, Rabu (26/08/2020), Personel Batalyon A Pelopor menggelar latihan Simulasi pengamanan dan pengawalan VVIP yang dilaksanakan secara parsial di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Jalan A.P. Pettarani Kota Makassar.

Bertempat di Kantor Bawaslu Provinsi Sulsel, skenario pengamanan adalah ketika terjadi keributan saat massa pendukung salah satu calon tidak terima dengan keputusan sidang sengketa hasil pemilu calonnya yang ditolak Ketua Bawaslu Sulsel. aksi pelemparan pun tak dapat dihindari, dengan sigap dan ketangkasan para Pengawalan Pribadi (Walpri) mengevakuasi Ketua Bawaslu Sulsel dari amukan massa pendukung pasangan lain.

Saat ditemui Danyon A Pelopor AKBP Darminto menjelaskan, kegiatan simulasi pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi pengerahan massa baik saat tahapan pilkada maupun yang tidak menerima hasil Pilkada sehingga ada pengerahan massa dari calon lain.

“Jadi pelatihan ini merupakan rangkaian kesiapan kita menghadapi pemilu nanti,” ujar AKBP Darminto selaku Danyon A Pelopor.

“Simulasinya ada sidang, massa ini tidak terima menunggu hasil sidang, setelah diputus hasil sidang ternyata tidak terima akhirnya dia mendesak, eskalasi meningkat, Kemudian Ketua Bawaslu Provinsi di Evakuasi menggunakan kendaraan taktis” terang Darminto

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan jika Satbrimob Polda Sulsel telah menyiapkan personel dan peralatan untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2020.

Dansat Brimob Sulsel memastikan setiap Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota serta pejabat terkait akan diberikan pengamanan yang ekstra dari Walpri yang disediakan Satbrimob Polda Sulsel.

”Satbrimob Polda Sulsel telah siap mengamankan Pilkada Serentak 2020 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. sambil menunggu waktu pelaksanaannya, kami terus melakukan latihan secara parsial maupun simulasi untuk mempertajam kemampuan personel agar dapat memberikan hasil yang maksimal dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020,” tutup Kombes Pol Muhammad Anis.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/Agen Acy/Hmk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − one =