SPIONASE-NEWS.COM,- BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh mencatat tingkat kelulusan siswa untuk jenjang SMA pada tahun ini mencapai 99,45 persen atau sebanyak 41.233 siswa. Sedangkan persentase kelulusan siswa jenjang SMK mencapai 98,16 persen atau sebanyak 15.948 siswa.

Kelulusan siswa pada tahun ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa persyaratan kelulusan adalah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau prilaku minimal baik dan lulus ujian sekolah.Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, M.P.A, Jumat (7/5/2020) di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan itu Kadisdik Aceh turut didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd dan Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, T. Fariyal, S.Sos, MM.“Pada tahun ini kelulusan siswa untuk jenjang SMA dan SMK ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing. Dan tahun ini juga tidak dilaksanakan Ujian Nasional (UN) akibat pandemi Corona ( COVID-19),” terangnya.

“Kami berharap agar para siswa yang telah lulus pada tahun ini agar dapat kembali melanjutkan pendidikannya ketingkat Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta baik didalam maupun luar negeri,” pintanya.

Kadisdik Aceh juga mengimbau siswa yang dinyatakan lulus untuk mengisi waktu di rumah saja dengan persiapan masuk perguruan tinggi.

Salah satunya adalah persiapan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang.

Sementara Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd menjelaskan adapun jumlah peserta didik Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 71.548 siswa SMA/SMK serta MA negeri dan swasta.

Dengan rincian jenjang SMA sebanyak 41.460 siswa dari 511 satuan pendidikan, SMK sebanyak 16.247 siswa dari 210 satuan pendidikan, dan jenjang MA sebanyak 13.841 siswa dari 253 satuan pendidikan.

Laporan : Agen M.ti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 17 =