SPIONASE-NEWS.COM.-PINRANG – Dalam rangka mengkader generasi muda, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Petrus Rasul Parepare melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar di lokasi Gereja Katolik Stasi Santo Yosep, Kabupaten Pinrang, Sabtu (21/9/2019).

LDK dilaksanakan selama 3 hari, sejak tanggal 20 dan berakhir 22 September hari ini. Latihan dilaksanakan dalam Camp Perkemahan dan diikuti oleh sekitar 150 peserta dari usia SMP, SMA dan Mahasiswa.

Kegiatan LDK mengusung tema “ Membentuk Pemimpin Kristiani, Partisipatif dan Visioner ”.

Narasumber yang dihadirkan berasal dari kalangan profesional yang tergabung dalam Tim Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Makassar, di antaranya Pastor Cakra, Pr., N. Tri Suswanto Saptadi, dan Henny Anastasia.

Sejumlah materi yang disampaikan antara lain : Managemen Strategis Organisasi, Kepemimpinan di Era Disrupsi Digital, Public Relation, Public Speaking, serta Leadership for Catholic Youth.

Dalam pemaparannya terkait Public Speaking, Pastor Cakra menekankan pentingnya Orang Muda memiliki kemampuan Public Speaking, terutama di zaman sekarang.

“Seorang Pemimpin harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, terutama Public Speaking sehingga ia mampu menyampaikan pandangannya dan mempengaruhi organisasi,” jelas Pastor Cakra.

Sementara itu, Henny Anastasia mengajak para Orang Muda untuk mampu membangun manajemen organisasi, terutama dalam menyusun rencana kerja organisasi. Suatu organisasi dapat tidak berjalan baik jika ia kehilangan fungsi manajemen diri.

Tri Suswanto, sebagai seorang pakar IT menyampaikan tanda-tanda kemajuan zaman yang cenderung bersifat disruptif di era digital. Ia mengajak agar orang muda harus bijaksana dalam menggunakan teknologi digital.

Sementara itu, Mustika Sindi, selaku ketua panitia LDK OMK, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun karakter dan jiwa kepemimpinan orang muda. “Harapan kami, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkala. Hari ini adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan orang muda masa depan untuk melanjutkan kepemimpinan organisasi,” jelas mahasiswi Akademi Keperawatan Fatima Parepare tersebut.

LDK berlangsung dengan damai dan meriah, dengan ditutup dalam Ibadah Ekaristi bersama, yang dipimpin oleh Pastor Cakra.

Para peserta merasa antusias mengikuti LDK, selain karena mereka semakin disemangati dalam kegiatan, juga mereka dapat saling mengenal satu sama lainnya.

Laporan : Agen Paulus T

Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 13 =