SPIONASE-NEWS.COM,- MAKALE – Orang Toraja harus mengembangkan terhadap adat dan budayanya karna hanya dengan budaya kita mampu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itu diungkapkan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya saat acara perayaan HUT Tana Toraja Ke 63 dan Hari jadi Toraja Ke 773 yang berlangsung di Plaza Kolam Makale, Senin (31/08/2020).

Ia mengatakan Budaya Toraja perekat bangsa telah bangga dengan budayanya. saat ini sementara didorong oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Toraja Utara kerjasama dengan Universitas Gajah Mada untuk betul-betul bagaimana dinarasikan sehingga budaya ini betul- betul bisa hadir sebagai perekat bangsa.

Seluruh bangsa kini telah bangga dengan adat budayanya oleh karena itu orang Toraja harus mengembangkan terhadap adat dan budayanya, hanya dengan budaya kita mampu mempertahankan NKRI, Ucapnya.

Kata Nicodemus, bahwa HUT Kabupaten Tator Ke 63 dan Hari Jadi Toraja Ke 773 suatu momentum bahkan kalau perlu dijadikan loncatan untuk perubahan dan perbaikan kedepan terutama dalam menghadirkan anak bangsa Tana Toraja yang cerdas.

Untuk bidang pendidikan Toraja mampu menghadirkan anak cerdas yang masuk Perguruan Tinggi untuk bisa berkompetisi diberbagai Perguruan Tinggi Akreditasi A.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas perjuangan SMA Negeri Ini Tana Toraja yang tahun ini meluluskan 117 Siswa di beberapa Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, Ujar Bupati Nicodemus Biringkanae.

Lanjut Nicodemus menyampaikan bahwa progres pembangunan Bandara Toraja yang akan mulai penerbangan pada 4 September, Saya tegaskan bahwa seluruh kepala OPD, Anggota DPRD dan termasuk kepala lembang yang mau ke Makassar untuk mengunakan pesawat.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan akan tetap fokus pada pembangunan daerah pariwisata.

Toraja harus menjadi terdepan dalam pembangunan di Sulawesi Selatan. Bukan karena keluarga, tapi karena potensi yang dimiliki baik wisata, Budaya dan Kearifan Lokal serta asas keadilan dimana Toraja masih banyak daerah terpencil yang hak-hak masyarakatnya harus diperjuangkan.

2 Tahun apa yang sudah dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Toraja pertama bisa kelihatan adalah Bandara Toraja yang merupakan kerjasama pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi serta Pemda Tana Toraja, Kata Sudirman Sulaiman.

Perayaan HUT Tana Toraja Ke 63 dan Hari jadi Toraja Ke 773 dengan tema Budaya Toraja Perekat Bangsa Dihadiri Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Anggota DPD RI, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja, Dandim Ketua Pengadilan Negeri Makale, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Camat dan Kepala Lembang dengan Dimeriahkan Tarian Budaya Toraja Pagellu.

Laporan : Agen Saldi 027

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =