SPIONASE-NEWS.COM,- BANDA ACEH – Pelaksanaan shalat Jumat bagi ummat Islam di provinsi Aceh tetap dilaksanakan meskipun adanya penanguhan shalat Jumat dan adanya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Suasana Mesjid Agung At Taqwa Banda Aceh yang di penuhi Jamaah shalat Jum’at (20/3)

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi di Dewan Pimpinan MUI, Masduki Baidlowi menjelaskan fatwa bukan untuk menjauhkan umat Islam dari masjid, tapi untuk melindungi umat Islam dari penyebaran virus Corona.

Shalat Jumat di Masjid Istiqlal Ditiadakan Dua Pekan untuk Cegah Covid-19, Ganti Shalat Dzuhur di Rumah, Jelasnya.

Meski sudah ada fatwa MUI, hingga berita ini ditayangkan pada Jumat 20 Maret 2020 pukul 11.30 WIB, sampai berita ini diturunkan, Belum mendapatkan laporan adanya masjid di Aceh yang menangguhkan shalat Jumat akibat imbas serangan virus Corona.

Bahkan warga Aceh tetap melaksanakan sholat jumat sebagaimana biasanya, kondisi jalanan di kota-kota di kabupaten tampak sepi saat sholat berjamaah dimesjid.

Mesjid tampak lebih ramah dengan jamaah dan padat, Dan juga warga Aceh berdoa dimesjid, meunasah untuk menolakbala semoga dijauhkan dari penyakit, juga takbir keliling kampung-kampung membaca doa tolak bala dan pengajian-pengajian didesa desa tetap aktif.

Sementara itu pihak BKPRMI Kota Banda Aceh telah mengirimkan daftar tata laksana shalat Jumat 20 Maret 2020 diseputaran kota Banda Aceh, juga mengirimkan ke media cetak dan elektronik daftar khatib Sholat Jumat.

Halnya juga dilakukan di kabupaten /kota di Aceh, Dimesjid Agung at Taqwa Kutacane Tgk.Ismail Aria, S.Ag.MA dalam khutbahnya menyampaikan bahwa manusia banyak yang merasa takut dan khawatir kondisi jaman sekarang, takut virus Corona, sibuk manusia mencari penangkalnya, pakai masker, padahal penangkal virus tersebut cukup dengan bersandar kepada Allah SWT melaksanakan ajaran Allah dan rasulnya, Insya Allah, Allah akan menurunkan keberkahan atas suatu negeri tersebut.

Laporan : Agen M. Tis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + twenty =