SPIONASE-NEWS.COM – TORAJA UTARA – Kabupaten Toraja Utara yang merupakan daerah Pariwisata andalan Sulawesi Selatan tetap buka pelayanan bagi wisatawan yang hendak datang berkunjung ketempat objek wisata didaerah ini.

Pemda Toraja Utara tetap buka dan memberi pelayanan baik bagi wisatawan mancanrgara maupun nusantara (Lokal) yang hendak datang berkunjung di daerah ini.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara Yorry Lesawengen diruang kerjanya, Rabu (18/3/2020) mengatakan, Pihaknya menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Toraja Utara Nomor : 004.5/0367/Setda/3/2020 tentang himbauan kepada masyarakat Toraja Utara dalam pencegahan dan penanganan virus Covid-19 sertai beberapa point dengan memutuskan bahwa penda tidak menutup tempat objek wisata.

Dalam menindaklanjuti Surat Edaran Bupati kami menghadirkan semua keterwakilan stocholder Pariwisata pelaku usaha pariwisata, Hotel, Travel, Gait bersama Dinas Kesehatan, melakukan rapat yang dipimpin Setda Toraja Utara,” Ungkapnya.

Lanjut Yorry, Disbudpar sebagai terdepan dalam pengelola manegemen pariwisata daerah ini telah mengambil langkah antisipasi yakni Pihaknya bersama Dinkes menyiapkan pelayanan medis dengan melakukan deteksi bagi setiap pengunjung pariwisata yang masuk didaerah ini baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara (lokal) dalam mencegah penyebaran virus masuk di Toraja Utara.

Dirinya tegaskan, Hotel Restorant dan Objek wisata wajib menyiapkan fasilitas bagi pengunjung untuk mencegah penyebaran virus yaitu tempat cuci tangan dan sabun didepan pintu masuk dan khusus di pos petugas atau reception penerima tamu wajib nengunakan masker.

Dan Apabila ada pengunjung wisatawan di curigai terdeteksi yang positip virus Covid-19 penanganannya dapat dibawa ke RSUD Pongtiku dan RS Elim atau di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana’ Toraja, Harapnya.

Seraya menambahkan Masyarakat juga diharapkan tidak panik namun tetap antisipasi pencegahan dalam menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat dilingkungannya masing-masing.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 6 =