SPIONASE-NEWS.COM,- TAKALAR – Dalam Menilai lomba KWT, Ketua TP. PKK Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan : KWT harus maju & berkembang, Rabu (26/82020).

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar DR. Hj. Irma Andryani, S.Pi. M.Si bersama Tim penilai dari Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kab. Takalar menilai kegiatan lomba Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kab. Takalar, Rabu 26 Agustus 2020. Kegiatan lomba ini merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48.

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Pengerak PKK menjelaskan bahwa tujuan diadakan lomba ini untuk membina KWT-KWT yang ada di Kab. Takalar agar tetap berkembang dan maju dalam menghasilkan produk-produk hasil pangan untuk menjadi bahan masukan kepada dinas pertanian terhadap perkembangan KWTnya sehingga menjadi dasar bagi pemerintah dalam membuat kebijakan dibidang pemberdayaan wanita tani.

Jadi perlombaan harus dimaknai sebagai pembinaan bukan kompetisi.

Beliau menambahkan kelompok wanita tani bisa memperlihatkan kepada masyarakat bahwa kita bisa menghasilkan produk-produk pertanian yang bisa membuat masyarakat menjadi sejahtera dan memakmurkan bumi.

Karena tugas kita sebagai manusia memakmurkan bumi dan menjaga bumi agar tanahnya tetap subur.

“Petani adalah pahlawan bumi, kita harus bangga sebagai seorang petani karena kita mampu mempertahankan ketahanan pangan di daerah kita. Semakin kita menanam maka tanah akan semakin subur.

Kita juga harus saling mendukung untuk menggunakan produk sendiri” pungkasnya

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Ir. Ikbal menjelaskan bahwa kriteria yang dinilai dalam lomba ini yakni kelengkapan administrasi, Keanekaragaman komuniti, Keaktifan pertanaman anggotanya dan kreatifitas anggota dalam mengelola pekarangan dan tanamannya.

Ada beberapa KWT yang dinilai yakni KWT Salsabila di Dusun Jinggo Batu Desa Aeng Batu-Batu, KWT Baji Pa’mai di Desa Bontoloe Kec. Galesong, KWT Seruni di Desa Popo Kec. Galesong Selatan, KWT Bunga Mekar di Desa Kadatong Kec. Galsel, KWT Kunjung Mae Dusun Bontowa Desa Sanrobone Kec. Sanrobone dan KWT Kamboja Kel. Takalar Kec. Mapsu. Dari hasil lomba ini, akan berlanjut ke perlombaan tingkat provinsi dan nasional.

Disela-sela penilaian, Hj. Irma juga membagikan masker kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19 dan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan tetap jaga jarak.

Kepala bidang ketahanan pangan dinas pertanian Kab. Takalar, Camat Galut, Anggota Tim. Penggerak PKK dan ketua dan anggota KWT turut hadir dalam penilaian tersebut.

Laporan : Agen SB 082

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 3 =