SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Dalam upaya untuk mencegah dan melindungi lingkungan kawasan hutan di Kabupaten Toraja Utara Polisi Kehutanan UPT KPH Saddan II gencar melakukan Patroli pengamanan hutan.

Hal itu terbukti saat Kepala UPT PPH Saddang II bersama Polisi Kehutanan (Panhut) turun dikawasan hutan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kapalapitu dan Sesean Suloara Kamis (13/8/2020).

“Dirinya mengajak pada Masyarakat Kabupaten Toraja Utara Untuk bersama sama UPT PPH Saddan II menjaga kawasan Hutan : “LINDUNGI POHON SANG PELINDUNG KEHIDUPAN BUMI KITA”, Ungkap Kepala UPT PPH Saddan II Toraja Utara Gazali D Ichsan.

Kata Gazali, Selain melindungi hutan ia juga harapkan agar benar benar masyarakat dapat memahami batas batas areal kawasan hutan lindung beserta larangan larangan yang harus dipatuhi dalam kawasan hutan.

Mekal Palmer.S.Hut menambahkan
kegiatan patroli pengamanan hutan bersama Polisi Kehutanan Upt.Kph Saddang II di lembang polopadang Kecamatan Kapalapitu, Lembang Sesean Suloara dan Sesean Mataallo Kecamatan Sesean Suloara.

Kegiatan sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan lindung agar betul betul memahami batas areal kawasan hutan lindung beserta larangan larangan harus dipatuhi dalam kawasan hutan sebagaimana yang tertulis di papan bicara yang dipasang (dilarang menduduki kawasan hutan secara tidak sah, dilarang menebang pohon),
Masyarakat harus melestarikan hutan demi keberlangsungan sumber mata air dan menjaga adanya longsor dan banjir.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar segera melakukan koordinasi ke kantor apabila mau melakukan aktifitas di lokasi yang mana mereka masih ragu apakah lahan tersebut masuk areal kawasan hutan lindung atau tidak supaya segera melakukan pengecekan lokasi yang dimaksud agar tidak terjadi hal hal yang bertentangan dengan aturan kehutanan.

Pihaknya telah melakukan pemasangan 48 Papan Bicara pada 5 dari 13 Kecamatan yang ada wilayah Hutan Lindung dengan menargetkan dalam 1 bulan kedepan Target 100 Papan Bicara akan terpenuhi, Tutupnya.

Laporan : Agen 027 Saldi

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + six =