SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Sebanyak 64 stand pameran industri kreatif masyarakat Toraja Utara dari setiap Koramil di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Pameran Seni dan Industri Kreatif Rumah Tangga Kodim 1414 Tana Toraja yang bertemakan Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit’ diselenggarakan di Markas Lapangan Kodim 1414 Tana Toraja, Jl Pongtiku Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (29/08/2020).

Sebanyak 64 stand yang ikut pameran industri kreatif masyarakat Toraja Utara dari setiap Koramil di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Ketua Panitia, Kasdim 1414 Tana Toraja, Mayor Inf B Selfinus Tangkelangi dalam melaporkan bahwa industri kreatif pameran diikuti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di beberapa kecamatan.

Selain UMKM instansi hadir juga ikut stand pameran perlengkapan personel TNI Kodim 1414 Tana Toraja dan Polres Toraja Utara serta stand hasil kerajinan Persit Kodim 1414 Tana Toraja, BRI, Toyota, industri kreatif SMA Kristen Barana dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja.

Sementara itu, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin M.Han saat membawakan sambutannya, berterima kasih atas kedatangan tamu pada pameran industri kreatif yang juga ada karya dari TNI yaitu meja unik yang terbuat dari limbah akar pohon.

“Kami berharap masyarakat bisa menerapkan kreativitas di rumah agar menjadi unik dan bernilai seni dan kita bersyukur kepada kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena daerah kita Toraja Utara termasuk daerah zona hijau pandemi Covid-19,” Ucap Zaenal Arifin.

Kata Komandan Kodim 1414 Tana Toraja bahwa pameran kreatif dilaksanakan dalam rangka membina industri di lingkungan rumah, sehingga diharapkan masyarakat bisa ikut serta yang bisa diproduksikan sebagai karya kerajinan budaya Toraja.

Kemudian Dandim Letkol Czi Zaenal Arifin M.Han menyerahkan piala bergilir kepada juara lomba Binsat dan Binter tingkat Koramil jajaran kodim 1414 Tana Toraja, yaitu juara terbaik Koramil 1414-03/Rindingallo, yang diterima Danramil Kapten Inf Safri Dasi.

Dandim Zaenal menilai Koramil 1414-03/Rindingallo dipimpin Kapten Inf Safri Dasi layak mendapat piala bergilir karena kepatuhan dan kinerja baik dilaksanakan.

Kegiatan Pameran dibuka Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang dan dihadiri jajaran Forkopimda Tana Toraja dan Toraja Utara.

Hadir Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribwahono, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma, Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama, Kepala Kejari Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua, Kepala Pengadilan Negeri Makale Timotius Djemey, Sekretaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Bare, Pimpinan Cabang BRI Kanca Rantepao Gunariyadi, beberapa Kepala OPD dan tamu undangan.

Setelah dibuka, jajaran Forkopimda mengunjungi setiap stand melihat langsung pameran industri kreatif dari UMKM dan hasil karya TNI Kodim 1414 Tana Toraja membuat meja unik dari limbah akar.

Selain itu Dandim Zaenal Arifin mengajak Forkopimda ke stand Kodim 1414 Tana Toraja sekaligus memberikan penjelasan terkait penggunaan senjata, ransum dan perlengkapan personel TNI di lapangan.

Kegiatan pameran diikuti puluhan stand akan mengikuti acara mulai tanggal 29 Agustus 2020 hingga 2 September 2020.

Laporan : Agen Saldi 027

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × three =