SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – Dinas Lingkungan Hidup Toraja Utara rencana akan memprogram untuk memberdayakan masyarakat lewat penyuluhan daur ulang mengolah sampah bila Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Buntu Karua telah difungsikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkup Hidup Toraja Utara Arung Lipa didampingi Kasi Kebersihan dan Persampahan Sarira.

Arung Lipa mengatakan bahwa untuk penanganan sampah yang ada di Torut dalam sehari menghasilkan 30 Ton yang didominasi sampah basah, Ucapnya.

Lanjut Arung Lipa, Marilah menjaga kebersihan keindahan Lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan tempat karena penanganan kebersihan merupakan tugas kita semua untuk peduli terhadap daerah pariwisata ini.

Dirinya berharap kepada Lurah dan Camat agar mengambil peran dalam melaksanakan tugas diwilayah kerja masing masing untuk memberi pelayanan dalam menyiapkan tempat sampah yang merupakan tanggungjawab kita semua dalam memerangi sampah didaerah ini, Ujarnya.

Lanjutnya, Pihaknya rencana akan membuka Tempat Penampungan Sampah 3R serta memberi penyuluhan dalam waktu dekat ini ke masyarakat yang mengusulkan untuk mengetahui bagaimana cara pengolaan sampah yang menghasilkan.

DLH akan mengusulkan (TPS3R ) ke pusat dan provinsi sebagai tempat pengolaan pemisahan sampah plastik, Besi dan sampah organik bila TPA yang ada di Buntu karua bila sudah difungsikan seluas 3 Hektar.

Apabila ada masyarakat yang berkeinginan menghibahkan lokasi lahanya untuk dijadikan sebagai tempat pengelolaan sampah dengan memenuhi persyaratan membentuk kelompok ia akan usulkan ke pemerintah untuk dibangunkan TPS3R diwilayanya dalam mengatasi dan memamfaatkan daur ulang sampah didaerahnya, Terangnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 3 =